Minggu, 21 Juli 2013

Cara Sederhana Meningkatkan Pengapian BUSI

Cara Sederhana Meningkatkan Pengapian BUSI, salah satu komponen penting dalam dunia otomotif adalah busi. Alat kecil yang cukup vital fungsinya dan menghasilkan kilatan api listrik di dalam ruang pembakaran. Kilatan api listrik pada busi di hasilkan oleh step up tegangan pada coil yang menghasilakan ribuan volt.

BUSI

Hampir 90% gangguan mesin yang disebabkan oleh busi, dikarenakan kotor oleh endapan karbon ( carbon fouling ), kotor oleh endapan oli (olie fouling) dan kotor oleh endapan timah hitam ( lead fouling). Penyebab keadaan terjadinya carbon fouling adalah:
  1. Kesalahan pemakayan nomor tingkat panas busi. 
  2. Pemakaian bahan bakar berlebihan ( karburator banjir, penyetelan karburator terlalu kaya, cuk tidak sempurna pada posisi off. atau saringan udara karburator tersumbat ). 
  3. Bahan bakar tidak baik mutunya. 
  4. Terlalu lama dipakai pada kecepatan rendah. 
  5. Pembakaran oleh busi telat.
Ada cara sederhana dan sangat mudah dalam meningkatkan pengapian busi, tapi sebelumnya simak teori dasar ilmu listrik sebagai berikut:
"semakin panjang suatu penghantar listrik maka nilai resistansinya semakin besar."
Arus dan tegangan listrik yang di hasilkan oleh coil menuju busi di hantarkan oleh kabel busi. kabel busi memiliki inti penghantar kelistrikan dari bahan logam campuran tertentu yang di rancang untuk mampu dan kuat terhadap tegangan yang cukup tinggi dan tidak mudah putus. Namun bila kita ukur dengan AVO meter untuk diameter inti kawat yang sama dengan kabel tembaga ternyata memiliki nilai resistansi yang lebih besar.

Tentu saja nilai resistansi sangat mempengaruhi aliran listrik, semakin besar nilai resistansinya maka hambatan arus listrik menjadi semakin besar. Dengan teori ilmu listrik di atas maka kita bisa menurunkan nilai resistansi pada kabel busi denga cara memotong atau memperpendeknya. sehingga aliran arus listrik dari coil menuju ke busi tidak mendapatkan nilai resistansi yang besar dari kabel busi yang terlalu panjang.

Sebelum anda melakukan pemotongan dan memperpendek jarak kabel busi, ukur terlebih dulu jarak yang pas dan tetap memudahan kita dalam pemasangan ataupun pencopotan kabel busi tersebut. Iris menggunakan cutter isolasi kabelnya lalu potong inti kawatnya menggunakan Tang.

Selain cara tersebut yang cukup praktis untuk di terapkan anda juga bisa memanfaatkan alat mungil canggih yang bernama 9power untuk meningkatkan performa, akselerasi, power dan speed kendaraan anda. harganya sangat murah dan mudah untuk di aplikasikan. silahkan buka halamana Reseller 9 Power di dalam blog ini.

Semoga tips sederhana di atas dapat membantu anda, cara murah mudah dan sederhana yang siapaun bisa untuk melakukannya. Trims telah membaca artikel Cara Sederhana Meningkatkan Pengapian BUSI ini.




Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya


Lihat juga PAKET KEILMUAN KAMI yang lain di bawah ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budayakan Komentar yg Baik dan Sopan, NO SPAM & NO Live Link. Komentar yg tidak mengikuti rule tidak akan di publish. Thanks